29 Januari 2011

Hidup seperti adonan roti.

Sebenarnya ini adalah sebuah pepatah yang saya buat dan tulis di status ym beberapa minggu yang lalu. Waktu itu niatnya iseng sih, tau dari ucapan teman se-SMA, tapi, semakin lama di pikir ternyata pepatah ini ada benarnya juga sob (hehe).
Entah kenapa semakin lama saya semakin ingin untuk menelaah pepatah ini lebih lanjut dan akhirnya jadilah sebuah postingan di blog saya ini. hahaha :D
Hidup seperti adonan roti... Apa maksudnya sob??

Mari kita membayangkan seseorang membuat roti. Mungkin di toko roti bagi yang gemar ke toko roti, atau mungkin Mama yang suka membuat roti di waktu senggang (yah kebetulan mama saya suka bikin roti atau donat kalau lagi ada waktu senggang dan tentunya dengan saya, karena cuma saya yang bisa bantu mama...(hehe_sok PD bukan gitu tapi karena cuma saya anak perempuan mama).  Banyak hal yang dikerjakan dalam membuat roti. Mencampur tepung dan telur (oh...jelas), memberinya ragi (obviously), dll. Namun ada hal yang menarik mata 'ku untuk melihat proses pembuatan roti. Membantingnya. (waw!!)

Yups, membanting... apa perlunya membanting adonan?
Mungkin hal ini terkesan melelahkan dan membuang2 waktu, dan ya benar sekali, membanting adonan itu memang sangat melelahkan, terutama bagi saya yang kurang terbiasa dengan hal tersebut... (*haha_ceile). Membanting adonan selain membutuhkan waktu juga membutuhkan tenaga untuk membanting dengan kekerasan yang cukup dan dalam waktu yang relatif nggak singkat. Gunanya? Sangat berguna sob. Bila adonan itu tidak dibanting, maka ragi yang ada di dalam adonan itu tidak memperoleh cukup energi untuk melakukan kerjanya (fermentasi dalam istilah biologinya) dan akibatnya bisa sangat jelas, adonan tidak mengembang (bantet). Tampak pekerjaan tidak penting, padahal berguna.

Anggaplah hidup sebagai adonan roti, maka acara "Pembantingan" itu layaknya sebuah pelatihan dan pembelajaran hidup yang mungkin melelahkan, membuang waktu, menyakitkan, padahal tampak tidak berguna. Padahal, mungkin disadari atau tidak, ternyata hal itu penting bagi kita agar kita dapat "berkembang", dan tidak menjadi bantet.

Dan satu hal lagi, layaknya adonan roti yang setelah dibanting lalu didiamkan sejenak untuk berkembang. Ada kalanya kita memang perlu dibiarkan mandiri agar dapat mengembangkan diri kita sendiri tanpa intervensi dari orang lain. Dengan pembelajaran, pelatihan, dan pemandirian itu kita dapat menjadi pribadi yang berkembang secara sempurna agar menjadi pribadi yang dewasa.
Jadi... apapun masalah yang kita hadapi, percayalah kawan itu semua memiliki hikmahnya agar nantinya  kita menjadi pribadi yang lebih kuat. (hmmm... mendadak mellow karena project kuliah)

So... semangat kawan-kawan q (*Saya juga)...
hehehe :D

64 komentar:

Hidup seperti adonan roti yo hi hi hi bukanya hidup seprti roda berputar he he he

"wah terimakasih,,
banyak hikmah & pelajaran yg perlu di ambil...!!
semoga sujses selalo,,,amiin,,,

nice post...ada hikmah lain dari proses membuat roti..bahan2 pembuat roti kota ibaratkan masalaj sehari..rasanya pahit bila kita cicipi satu persatu...namun bila kita olah menjadi satu dengan takaran yang pas, akan menjadi roti "kehidupan: yang lezat...thanks for sharing

@Manajemen Emosi:hehehe iya sob :)
aneh juga ya kedengarannya, hidup seperti adonan roti... hahahaha :D
oya, thanks ya dah baca2 sob :)

@nday:waaah.. sama2 ya sob :)
amin... semoga kamu juga ya sob :)

@Todi saja: makasih ya :)
iya... thanks ya, bener banget sob :) sama2.. terima kasih kembali udah baca..

@Robi-Chandra: makasih ya bang :)

Hidup seperti adonan roti,,,heheheh

@ZuXuZ:hahaha :D
kenapa dek?? gag setuju?
hahaha :D

Masak Hidup kek roti di banting2...
wkwkwk

@zuxuz: hahahaha :D
itukan perumpamaan dek...
tdnya juga aneh dengernya, tapi dipikir2 kok mirip juga ma kehidupan kita...
hehehe :)

bagus sobat,hidup memang susah di tebak,kalau saya jalani aja ikutin arus aja hehehe

@asfa blog: makasih ya sobat :)
hehehe iya sob... ikuti arus, tapi jangan sampai terbawa arus..
hehe :)

ada benarnya juga tuch, tapi tidak semua orang mau dibanting-banting kaya roti, siapa juga yang mau...hmmm, eh maksudnya tidak semua orang mau diberikan ujian, cobaan dari sangMaha pencipta, sehingga akhirnya orang-orang berbeda cara menyikapinya, ada yang stres, bunuh diri, ada juga yang sabar sambil mengambil hikmah, nih yang sabar biasanya yang bisa jadi roti "yang paling mengenyangkan, dan membuat orang bahagia" kaya di drama korea aja "brade love and dream" tapi kira-kira kalau orang yang stres dan bunuh diri dalam menghadapi masalah kalau digambarkan jadi roti, jadi roti kaya apa, rasa apa, bentuknya bagaimana? hmmmm nanti aja di lanjutin ah komentarnya :)

ha a.a ha.a
siip..
intinya jangan pernah putus asa
karena sang pencipta akan marah

heh hehe

posting punya arti yg dalam cocok utk hilangkan penat sehingga membangkitkan semangat baru

percaya dengan mba Nova pandai bikin kue donat kapan nih mau dikasih gambar donat ke kita-kita ?
Posting itu bagus & kren artinya mba punya jiwa seni

posting bagus, oo... ia themenya cool, selamat ya

@Abdul Sidik: iya setuju sob, beda orang beda pula dalam hal menyikapi masalah.. :)
hehehe kalo kuenya kurang tau juga sob... :D
yang pasti Sang Maha pencipta gag akan memberikan cobaan di luar kesanggupan kita... (*hehehe :D)
thanks ya dah baca.. :)

@Anak Brayan: hehehe iya sob...
bener bgt... hehe :)
thanks ya dah baca :)

@sepak bola news = soccer : waaa.. makasih ya sobat q :)
thank you :)

@IF : hehehe makasih ya sobat q :)
hmm... kapan ya... belum tau lagi sob :)
waaah... makasih ya sobat q .... seneng2...
thank you very much :)
hahahaha :D

@lowongan kerja terbaru bumn: makasih ya sobat q :)
thank yah...
hehe :)

wah ada benernya juga tuh kalau hidup seperti adonan roti " hahaha

salam kenal

@sichandra: hehehe iya sob.. :)
salam kenal juga yah :)

betul juga sahabat tuk menuju kedewasaan dan kematangan baik dalam sikap maupun kemampuan teknis tentu membutuhkan suatu proses diantaranya adalah pelatihan & pendidikan, nice posting

@Warna Tulisan: iya sob.... :)
makasih ya....
hehehehe :)

Yupz, masalah itu arti kehidupan sendiri, dimana ada masalah itulah hidup sebab dgn bgitu akal pikiran bekerja mencari jalan kluarnya, bagaimana pun pzti dialami. Tak mampu qta hindari.

Berjuanglah untuk hidup disini (Dunia) dan untuk disana (Akhirat).

Lam kenal

Baca-baca ya artikel en komen
http://www.adamsains.co.cc/2011/02/isi-blog-adamsains.html

@Muhammad Adam Hussein:salam kenal juga ya adam husein... :)
oke... thanks yah :)

follow sukses sob... follow balik yah?? :D

@Adhitya: hahaha kok lucu sob??? :D

@illusion-design: oke deh...
makasih ya :)

Ternyata hidup itu rumit juga ya...

Nov,, ada cerita sedikit nh, selagi masih baru di PCR.. :D
http://rumah-langit19.blogspot.com/2011/01/cerbung-bersama-part-i.html

@militan: hidup gag usah di pandang rumit sob :)
kalo kita nganggapnya rumit maka hasilnya juga akan rumit...
jadi enjoy aza yah... hehe :) keep smile

@bang Kurnia Rahman Agus :bagus banget bang :)
emang kuliah di PCR ni ada senengnya juga ada sedihnya...
sedihnya yah project yg menumpuk.... hahaha :D
tapi pasti kita bisa.... semangat semangat :)

hmmmm bagus juga neh analoginya

@attayaya_kota: makasih ya sobat :)
hehe :)

setujaaaaa....,, ^^

@Edo: setuju sob...
hahahaha :D

saling follow dunk
easyonlineplace
cantumi web kmu juga yaw

iya juga ya kalau dipikir-pikir.... mungkin ni aku masih dibnting-banting bagai roti sekarang tuk nyelesein skripsi aku yang belum jadi juga,masih nyampe latar belakang masalah. aku harus antri berjam-jam kadang tidak dapat giliran juga. saat dah ketemu pembimbing hasilku langsung ditolak.... hohohoho.... kadang kesal bikin susah-susah langsung ditolak....

nice posting gan,,
tapi repotnya kalau hidup seperti adonan roti, bisa di makan dung,,^^,,

@acer : oke sobat q :)

@anny_riwayati :sabar ya sobat q :)
semua itu pasti ada hikmahnya...
tetap semangat yah :)

@HeQris: hahahaha gag bisa kayaknya sob :)
coba di tanya ma mbah google sob.. bisa gag??
hehehe :D (*peace sob)

@Nova Miladyarti : waaaa... makasih sobat :)
salam kenal ya... nama kita sama... :*>

Blog Walking..
Visit Back Please..

HACKER BLITAR RETURN
NEO DEEVRO
BACEMGAKURE
DEEVRO IS CRIME !!

tHnKz 4 Visit.. ^_^
salam damai dari Blogger BLITAR..

salam persahabatan ditunggu post barunya, jika ada kasih tahu ya sob, tks

@deevro: oke sobat :)
salam kenal kembali :)

@lowongan kerja terbaru : salam persahabatan juga sobat :)
waaa... makasih ya sobat q :)

Jadi kalau hidup ini gak diputar-putar maka bagaikan adonan yang gak akan jadi roti.hehe

@M4RLiF: hahaha ya seperti itulah kira2 sob...
hehehe :)

setujaaa,,
tp kalo boleh brpendpat laen,kamu bisa liat postingan ane Yang Ini.

@C-C:waaa... thanks sob :)
oke saya check sob... thanks dah berkunjung k blog nova :)

tulisan ini bisa masuk tribun pekanbaru neh.
baca aturannya di bertuah org

@attayaya_komodo:hehe makasih bang :)
hmmm.. jd pngen coba bg...
heheh :)
oke nova baca bang :)

tapi hidup jangan dijadikan adonan roti, yang bergerak hanya digerakkan oleh orang lain, salam kenal kak.

@boedakpakning:yupz..setuju dek :)
salam kenal juga dek :)
(*kok kaka'??)

hehehhehe sama donk hidup itu adalah jalan raya. ada rintangannya. kalau lagi susah ya pas kena macet . kalau lagi lancar lewat tol hehe

mampir ini artikel bagus, tks ditunggu artikel barunya sob

@Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah:hehe iya sob :)

@bungsu: makasih ya :)

@asuransioke: hehe maksih ya sobat :) tengkyu :)

maaf deh mba nova yang cantik atas kesalahan anggota tim ane...Now bisa di cek udah ada sumbernya kok.Skali lagi ane minta maaf...THX bambang gene

gène 美しい: iya... saya minta maaf jg ya...
udah marah2... soalnya saya kesal, koment saya kok kmren di hapus, padahal komentnya baik2...
maaf ya :)

THX mba Nova udah dimaafin, ane janji akan trus pantau ksalahan dari anggota tim ane. Semoga blognya mba Nova tambah sukses dan menjadi sumber inspirasi para pembacanya...amin

Salam sukses,

Bambang Gene

Roti apa ??

enak tu kayaknyaa.....

@mazpram:hmm... donat pram :D

yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

mampir nich dari jaksel...

@jual rumah jakarta selatan: :)

@jasa ekspedisi: oke sob :)

Kalau saya lebih setuju " hidup seperti adonan odading dan cakue".. :) :) :)

alasannya : adonan cakue dan odading harus benar-benar KALIS sehingga bating-bantingnya harus lebih serius.. :D dan yang kedua karena makanan paporit. hihii.
senang bertemu anda,
semoga sukses selalu
saya telah follow ada, follow back ya..

Posting Komentar